Tips Merawat Burung Kesayangan Ketika Mabung

Lama Proses Burung Ketika Mabung berbeda-beda, tergantung dari jenis burung tersebut. Proses mabung merupakan proses pergantian bulu yang akan dialami oleh semua jenis burung kicauan tanpa terkecuali. Satu demi satu bulu-bulu tersebut akan rontok, kemudian tumbuh dengan tunas bulu baru yang lebih baik. Setiap jenis burung kicauan mempunyai waktu yang berbeda dalam siklus mabung ini. Misalnya pada burung kenari akan mengalami proses tersebut selama empat sampai enam minggu, burung love bird rata-rata selama dua sampai tiga mingguan, kemudian lama proses mabung burung pleci umumnya selama tiga sampai empat minggu. Tetapi untuk rata-rata proses mabung biasanya selama empat hingga enam minggu.
 

Selain itu, ada juga proses mabung yang cukup lama dengan jangka waktu tujuh sampai sembilan bulan. Tetapi ini hanya berlaku pada burung kakatua. Bagi Anda pecinta burung berkicau, lama proses mabung burung kicau juga bisa dipercepat dengan cara-cara tertentu. Keberhasilan untuk mempercepat proses mabung tergantung juga bagaimana cara Anda menanganinya. Sebenarnya ada kelebihan dan kekurangannya dalam mabung ini. Kelebihannya adalah jika berhasil melalui proses ini maka otomatis bulu burung tersebut akan tampak lebih bagus, kuat dan mengkilap. Selain itu, kemampuan kicau burung akan semakin meningkat dan mental burung juga tambah kuat. Ini biasa terjadi pada burung kicauan yang mengalami masa mabung pertama kalinya.
Proses mabung pada burung merupakan proses yang sangat penting. Apabila proses mabung ini gagal atau tak sesuai dengan harapan, maka tampilan bulu akan sangat jelek dan tumbuh dengan tidak teratur, serta mental burung pun semakin kendur. Disamping itu, kicauan burung yang tadinya sangat bagus dan bisa menirukan berbagai suara burung lain tiba-tiba hanya berkicau monoton, burung yang tadinya sangat gacor tiba-tiba menjadi macet, dan yang lebih mengkhawatirkan adalah burung menjadi stres kemudian mati. Jika sampai terjadi seperti hal-hal tersebut di atas maka lama proses mabung burung kicau yang sudah terjalani akan terbuang sia-sia.

Sekian Dulu Sob..
Baca juga artikel menarik lainnya
: Tips merawat burung kenari ketika mabung

Related Posts:

0 Response to "Tips Merawat Burung Kesayangan Ketika Mabung"

Post a Comment