Tips Menjodohkan Lovebird Dewasa

Dalam habitat asli Lovebird (Agapornis) hidup berkelompok biasanya terdiri dari 5 hingga 20 ekor burung, mereka cenderung bersama dalam setiap aktivitasnya sebagai satu keluarga besar dan hanya pada musim kawin saja mereka hidup terpisah dan berpasangan. Burung ini dikenal sebagai burung yang setia pada pasangannya tapi sering juga ditemukan lovebird yang ‘poligami’ dengan indukan lainnya.
Sarang lovebird dihabitatnya terdapat di dalam lubang lubang yang ada di pepohonan, sarang–sarang yang ditinggalkan oleh burung–burung finch / pipit dan juga pada gundukan bekas rumah rayap. Burung ini bersifat nomaden atau berpindah–pindah tempat untuk menghindari masa–masa kekeringan. Burung ini merupakan burung asli benua Afrika dan pulau–pulau yang berdekatan dengan benua tersebut.

Burung Lovebird


Lovebird pada awalnya merupakan burung hiasan yang oleh sebagian orang dijadikan hewan peliharaan sebagai simbol kesetiaan. Namun pada saat ini lovebird tidak hanya dijadikan burung peliharaan yang hanya dinikmati keindahan warna bulunya, bentuk tubuh, dan perilakunya yang lucu saja, tetapi burung ini sudah menjadi lahan bisnis dan banyak juga dimanfaatkan sebagai burung masteran dan juga burung lomba.
Masih banyak penghobi burung yang masih merasa kesulitan untuk membedakan jenis–jenis lovebird. Saat ini terdapat 9 spesies lovebird yang telah diketahui oleh para ahli dunia burung, akan tetapi dalam tulisan kali ini penulis hanya akan berbagi sedikit tips dalam penjodohan lovebird berdasarkan pengalaman pribadi, pengalaman teman–teman penulis dan di tambah dari literatur lainnya.
Walaupun burung ini relative mudah untuk dijodohkan, akan tetapi tidak sedikit breeder pemula yang mengalami kesulitan dalam hal mengawinkan lovebird. Cara atau tips dalam menjodohkan lovebird yang paling mudah dan cepat prosesnya adalah menjodohkan dari semenjak usia lovebird masih anakan atau muda. Kita bisa memasukkan beberapa ekor lovebird dalam satu kandang umbaran, lakukan perawatan dengan baik.

Menjodohkan sepasang lovebird

Bagi anda yang ingin menjodohkan lovebird hanya sepasang jantan dan betina lovebird teknis yang bisa dilakukan adalah.

cara-menjodohkan-lovebird-jantan-dan-betina



1. Pilih lovebird betina dan jantan, yang muda (remaja) lebih baik lagi, jika sudah matang juga tidak masalah.
2. Jika masih muda bisa langsung disatukan kedalam 1 kandang yang sama, biarkan sampai mengenal. Jika sudah dewasa terlebih dahulu pisahkan kedalam kandang yang berbeda. Perkenalkan lovebird dewasa dengan menempelkan kandang dan biarkan saling melihat terlebih dahulu. Jika sudah terlihat akrab bisa disatukan dalam satu kandang.
4. Jika sudah saling bercumbu adu paruh atau menyisir rambut biasanya sudah jodoh.
Lovebird adalah burung yang dikenal sebagai burung pemilih, apalagi jika sudah dewasa. Kadang jika tidak suka maka tidak mau jodoh. Makanya kebanyakan pecinta lovebird langsung menjodohkan lovebird mereka dari umur remaja bahkan anakan agar saat dewasa langsung berjodoh.

Menjodohkan lovebird dalam kelompok

Cara ini adalah cara yang menurut saya efektif sekali karena lovebird bisa memilih pasangan sesuai hati mereka. Dan secara alamiah mereka adalah burung koloni yang hidup berpasangan dalamkelompok. Intinya siapkan kandang yang cukup besar, gupon lovebird, dan beberapa lovebird (misal 4 jantan dan 4 betina), teknisnya.
cara-menjodohkan-lovebird-dalam-kelompok

1. Siapkan beberapa ekor lovebird jantan dan beberapa ekor betina, jangan sampai jumlah jantan melebihi jumlah betina, lebih baik betina yang lebih banyak atau pas sepasang-sepasang. Lebih baik umur yang sudah siap kawin.
2. Siapkan gupon, kandang, sarang lovebird biasanya banyak dijual di toko burung. Susun dengan jarak yang kira-kira aman. Jumlah gupon harus pas atau melebihi jumlah pasangan lovebird.
3. Masukkan semua lovebird kedalam kandang besar, tunggulah sampai mereka saling berpasangan satu sama lainnya.

Cara Mengawinkan Lovebird

Langkah selanjutnya adalah mengawinkan lovebird, proses ini cukup ditunggu saja, jika sudah jodoh insya allah lovebird akan kawin dan mulai bertelur. Yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan sarana, pakan, dan perawatan yang benar agar lovebird merasa nyaman. Lovebird akan bertelur sebanyak 1-4 butir atau bisa juga lebih. Proses mengeram biasanya sekitar 21 harian,kurang lebih 3 minggu. Jaga selalu makanan lovebird terlebih jika sudah mempunyai anakan.

Baca juga Artikel Lain : Tips Membasmi semut pada sarang burung

Related Posts:

0 Response to "Tips Menjodohkan Lovebird Dewasa"

Post a Comment